Kamis, 03 Mei 2012

Definisi E-Goverment

Ada banyak definisi tentang e-government, baik dari buku, makalah seminar, jurnal serta tulisan-tulisan dari situs-situs di internet, namun secara garis besar memiliki inti yang kurang lebih sama. Dalam kesempatan ini, kami mengemukakan beberapa definisi e-goverment dari beberapa sumber, antara lain :

1. E-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang mampu mendorong dan memfasilitasi hubungan yang saling mendukung, selaras dan adil antara masyarakat, dunia usaha dan pemerintah, dengan memanfaatkan teknologi informasi, telekomunikasi dan web/internet (MENKOMINFO).

2. E-Government berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi (seperti wide area network, internet dan mobile computing) oleh organisasi pemerintahan yang mempunyai kemampuan membentuk hubungan dengan warga negara, bisnis dan organisasi lain dalam pemerintahan (Indrajit,2002:3).

3. E-government adalah penggunaan teknologi informasi (seperti: wide area network, internet, dan komunikasi bergerak) oleh lembaga pemerintah yang mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan hubungan Pemerintah dengan warganya, pelaku dunia usaha (bisnis), dan lembaga pemerintah lainnya. (Sumber: Situs Web Bank Dunia, Januari 2004).

0 komentar:

Posting Komentar