Jumat, 08 Juni 2012

IMPLEMENTASI E-GOVERMENT

IMPLEMENTASI E-GOVERMENT DI INDONESIA

E-government merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan, jika mengacu dari definisi tersebut, e-government merupakan sistem pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. Namun kondisi di Indonesia masih jauh dari definisi tersebut, jika kita menengok ke situs-situs pemerintah daerah di Indonesia yang telah menerapkan "e-government", sebenarnya cenderung sebagai tampilan yang memberikan informasi tentang data statisik, potensi wisata, dan kekayaan alam suatu daerah, serta informasi peluang investasi bagi para penanam modal di daerah bersangkutan. Content yang berkaitan dengan pemerintahan (government) sendiri malahan kurang mendapat perhatian.

Namun demikian, mudah-mudahan pemerintah kita baik pusat maupun daerah juga sedang menuju ke arah yang lebih maju dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk keperluan pemerintahan sehingga kelak slogan e-government ini betul-betul diaplikasikan secara utuh, sampai pada tahap pemanfaatan.


IMPLEMENTASI E-GOVERMENT DI LUAR NEGERI

Salah satu contoh penerapan e-Government dalam artian sesungguhnya dapat dijumpai di negara tetangga kita, yaitu Singapura. Untuk penerapan e-Governement di negaranya, pemerintah Singapura telah menyedot anggaran sebesar US$ 743 juta ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan publik secara online di negara tersebut.

Tahap pertama proyek ini telah berhasil membangun 1600 layanan publik secara online. Layanan ini tidak hanya memberi informasi, tetapi juga sanggup melakukan transaksi semacam memesan fasilitas olahraga, mendaftarkan perusahaan, membuat paspor baru, dan sebagainya. Program ini telah berhasil membuat 75 persen penduduk Singapura mulai berkomunikasi dengan birokrasi secara online via internet. Dalam proyek selanjutnya yang dimulai pada tahun 2003, pemerintah negara pulau tersebut mengharapkan 90 persen warga negaranya dapat berkomunikasi secara online hingga saat ini.


0 komentar:

Posting Komentar